3.12.2016

Asal Muasal Cogito Ergo Sum

Dari manakah Rene Descartes mendapatkan inspirasi "Cogito Ergo Sum"? Dari Imam Al-Ghazali, Sang Hujattul Islam.

Pada masa itu, karya-karya Al-Ghazali telah banyak diterjemahkan ke dalam bahasa Latin oleh Dominicus Gundisalvus, dan salah satunya adalah Al-Munqidz min al-Dhalal (Penyelamat dari Kesesatan) yang merupakan buku autobiografi sang Imam.

Descartes memiliki terjemahan bahasa Latin buku tersebut, dan mendapati ungkapan "Keraguan adalah peringkat pertama keyakinan" yang kemudian diberi garis merah dan dilengkapi tulisan tangan dari Descartes di sampingnya 'Pindahkan ini ke dalam metode kita.'''

Kata-kata lainnya yang lebih lengkap dari dalam buku itu adalah "Keraguanlah yang mengantarkan pada kebenaran. Barang siapa yang tidak merasa ragu, maka ia tidak memandang. Barang siapa yang tidak pernah memandang, maka ia tidak pernah melihat. Dan barang siapa yang tidak pernah melihat, maka ia akan tetap dalam kebutaan dan kesesatan."

Lalu, Descartes pun membuat parafrase dari ungkapan Al-Ghazali tersebut menjadi "Keraguan adalah jalan pertama menjadi keyakinan" (la doute est le premier pas vers la certitude).

Disalin ulang dari posting Alfathri Adlin

Asal Muasal Cogito Ergo Sum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Posting Komentar